Apa itu IELTS?

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. IELTS adalah tes internasional dalam kemampuan bahasa inggris yang diselenggarakan oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Educational Australia. IELTS didirikan pada tahun 1989. Ada dua versi dari IELTS, yaitu:

  1. Versi Academic ditujukan bagi mereka yang ingin mendaftar di universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya dan bagi para profesional seperti dokter dan perawat yang ingin belajar atau praktek di negara berbahasa Inggris.
  2. Pelatihan Versi General/Umum ditujukan bagi mereka berencana untuk melakukan pelatihan non-akademis atau untuk mendapatkan pengalaman kerja, atau untuk tujuan imigrasi.

IELTS diterima oleh sebagian besar lembaga di Australia, Inggris, Kanada, Irlandia, Selandia Baru dan Akademik Afrika Selatan, lebih dari 3.000 institusi akademik di Amerika Serikat, dan berbagai organisasi profesi. Ini juga merupakan persyaratan untuk imigrasi ke Australia, Selandia Baru dan Kanada.

Peserta tes akan menerima nilai pada Skor Band dari 1 (Non User) sampai 9 (Expert User). Peserta tes IELTS mendapatkan nilai untuk setiap komponen pengujian - mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. Skor setiap komponen tersebut kemudian dirata-rata dan dibulatkan untuk menghasilkan Skor Keseluruhan Band.

Bagi perusahaan atau lembaga, tidak ada nilai minimum yang diperlukan untuk lulus tes. Sebuah hasil IELTS atau Uji Form Laporan dikeluarkan untuk semua calon dengan skor dari 1 sampai dengan 9 sebagai ahli dan masing-masing lembaga menetapkan ambang batas yang berbeda. Lembaga disarankan untuk tidak mempertimbangkan laporan hasil yang lamanya lebih dari dua tahun agar valid, kecuali orang yang tes itu membuktikan bahwa ia bisa mempertahankan scorenya tersebut.

Ujian IELTS rata-rata memakan waktu 2 jam 45 menit. Tes mendengarkan, membaca, dan menulis harus diselesaikan pada hari yang sama; sedangkan tes berbicara mungkin dilakukan pada hari yang sama atau hingga satu minggu sebelum atau setelah setelah tes tertulis.

Penyelenggara IELTS resmi di Indonesia dilakukan oleh IALF (Indonesia Australia Language Foundation) , IDP Education, dan British Council (kedutaan Inggris). Khusus untuk IALF, selain sebagai penyelenggara resmi ujian IELTS, IALF juga sebagai penyelenggara resmi kursus IELTS. Biaya pendaftaran IELTS sebesar US$ 150.

Bagi teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut mengenai IALF, IDP, dan British Council dan persyaratan untuk mendaftar IELTS ini dapat membuka beberapa web resmi penyelenggara tes IELTS di Indonesia:

http://www.ialf.edu/aboutialf.html

http://www.indonesia.idp.com/default.aspx

http://www.britishcouncil.org/id/indonesia-education-exams-ielts.htm

http://www.ielts.org/

http://www.britishcouncil.or.id/tes/ielts

 

Sumber: disadur dari berbagai sumber

Error | Pusat Pengembangan Bahasa

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.