Apa itu TOEFL ITP®

Ujian TOEFL diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) yang bertempat di Amerika Serikat, sebagai salah satu persyaratan studi lanjut di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Selain sebagai syarat studi lanjut, hasil tes juga dapat dapat digunakan sebagai syarat kelulusan program Strata 1 (S1), masuk untuk program Pasca Sarjana di universitas-universitas di Indonesia dan beberapa universitas di luar negeri, syarat dan prasyarat untuk aplikasi bea siswa dalam dan luar negeri, serta sebagai syarat melamar pekerjaan. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. ETS adalah satu-satunya pemegang lisensi tes TOEFL di Indonesia.

The Indonesian International education Foundation (IIEF) atau Yayasan Pendidikan Internasional Indonesia, merupakan perwakilan ETS di Indonesia yang mengelola ITP (Institutional Testing Program) bagi lebih dari 100 institusi di Indonesia atau dengan kata lain memiliki daftar sekitar 130 penyelenggara ITP resmi untuk Indonesia. Jadi Hasil TOEFL dari Penyelenggara ITP yang dikelola IIEF nilainya setara dengan TOEFL Internasional (yang mendapat pengakuan ETS), merupakan tes TOEFL yang resmi dikeluarkan oleh ETS melalui IIEF.

ITP TOEFL atau Institutional Test Program TOEFL merupakan tes bahasa Inggris yang menggunakan media kertas (paper-based) untuk menguji kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pusat Pengembangan Bahasa LPPMP UNY saat ini hanya melayani paper-based test (PBT) of ITP TOEFL.

Ada 3 section dalam PBT :

1. Listening Comprehension (50 soal)
2. Structure & Written Expression (40 soal)
3. Vocabulary and Reading Comprehension. (50 soal)
 

Test Structure

Section Number of Questions Administration Time Score Scale
Listening Comprehension 50 35 minutes 31-68
Structure and Written Expression 40 25 minutes 31-68
Reading Comprehension 50 55 minutes 31-67
TOTAL 140 115 minutes 310-677

Sumber: TOEFL ITP Test Taker Handbook