Apa itu TEPIC?

Test of English Proficiency for International Communication atau TEPIC adalah  tes baku untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris bagi penutur non-bahasa Inggris untuk individu yang sedang belajar atau bekerja di lingkungan internasional. Tes ini setara dengan TOEIC yang dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service). Cakupan isi dan tujuan dari penyelenggaraan tes TEPIC memiliki kesamaan dengan cakupan TOEIC. Tes TEPIC tidak membutuhkan pengetahuan atau kosakata khusus karena tes ini hanya mengukur bahasa Inggris yang dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Secara mudahnya, TEPIC bisa dikategorikan sebagi TOEIC-Like, karena tidak diselenggarakan oleh ETS. Sehingga, hasil yang didapatkan melalui tes TEPIC tidak akan diakui secara resmi baik oleh ETS maupun ITC. Akan tetapi, hasil tersebut bisa digunakan sebagi benchmark (pembanding) untuk memprediksi kira-kira berapa skor yang akan anda raih ketika melngikuti tes TOEIC yang resmi diselenggarakan oleh ETS.

 

Skor TEPIC

Sama halnya dengan TOEIC, skor akhir TEPIC Listening and Reading  berkisar dari 10 sampai 990. Skor diperoleh dari tiap-tiap bagian, yaitu Listening dan Reading. Skor yang diperoleh peserta tes bukan persentase jumlah jawaban benar; skor diperoleh melalui konversi, pembobotan, dan rumus tertentu. Oleh karena itu, peserta yang menjawab salah semua butir soal tidak mendapatkan skor 0, tetapi 10, yaitu skor terendah dalam rentang skor TOEIC, dan perserta yang menjawab benar semua butir soal mendapatkan skor 990, yang merupakan skor tertinggi dalam rentang skor TOEIC.

 

Keterampilan yang Diujikan dalam TOEIC

Ada dua keterampilan yang diujikan dalam TEPIC, yaitu listening dan reading comprehension. Semua butir soal TEPICadalah butir soal pilihan ganda dengan empat pilihan, yaitu A, B, C, dan D. Peserta memilih satu pilihan dengan cara menghitami huruf A, B, C, atau D di lembar jawaban. Tidak ada penalty atau pengurangan nilai untuk pilihan yang salah. Waktu yang diperlukan untuk mengerjakan semua soal sekitar dua setengah jam. Oleh karena itu, peserta tes perlu mempersiapkan diri secara fisik dan mental agar selama tes berlangsung peserta tidak terganggu.

Listening Section berlangsung sekitar 45 menit. Ada 100 butir soal dalam listening section, yang terdiri atas 10 butir untuk Photographs  (Part 1), 30 butir untuk Question and Responses  (Part 2),  30 butir untuk Short Conversation (Part 3) dan 30 butir untuk short talks (Part 4). Listening Section  menguji kemampuan peserta memahami pembicaraan dalam bahasa Inggris dalam bentuk rekaman yang mirip dengan bahasa lisan yang digunakan dalam komunikasi di dunia kerja internasional.

Reading Section  memerlukan waktu 75 menit. Bagian ini terdiri atas 40 butir incomplete sentences (Part 5), 12 butir soal text completion (Part 6), dan 40 soal reading comprehension (Part 7). Ada beberapa bacaan dari berbagai macam bidang seperti pendidikan, bisnis, perdagangan, dan industri. Informasi yang ditanyakan dapat tersurat dan tersurat. Pertanyaan dapat juga tentang butir kebahasaan, seperti makna kata dan acuan kata tertentu, dan tentang organisasi teks.

 

Tujuan Pelaksanaan tes TEPIC

Sebagai sebuah alat ukur yang akurat dan obyektif untuk mengukur profisiensi bahasa Inggris sebagai alat komunikasi di dunia global, sekaligus memprediksi skor TOEIC anda. Selain itu terdapat pula tujuan dari penyelenggaraan tes TEPIC yang diantaranya:

  1. Memberikan penegasan/bukti atas tingkat profesionalitas kita (syarat kelulusan/kesiapan menjadi bagian dunia kerja internasional).
  2. Memonitor perkembangan kita dalam berbahasa Inggris.

 

 

Untuk informasi pelaksanaan tes TEPIC, hubungi:

Kantor Pusat Pengembangan Bahasa LPPMP UNY

Gedung LPPMP UNY (Depan FE UNY)

Gang guru, Karang Malang, depok, Sleman, Yogyakarta

Error | Pusat Pengembangan Bahasa

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.